Kekerasan Pada Anak

Zaman sekarang ini semakin maju seiring berjalannya waktu. Banyak di Indonesia ini terjadi kekerasan pada anak. Ada empat kategori utama tindak kekerasan pada anak:  pengabadian, kekerasan fisik, pelecehan emosional atau psikologis, dan pelecahan seksual anak. Menurut Journal of Child Abuse and Neglect, penganiayaan terhadap anak adalah setiap tindakan terbaru atau kegagalan akan bertindak pada bagian orang tua atau pengasuh yang menyebabkan kematian, kerusakan fisik seks atau emosional yang membahayakan, pelecehan seksual atau eksploitasi, kegagalan tindakan yang menyajikan resiko besar akan bahaya yang serius.

Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungn Anak, Arist Merdeka Sirait memaparkan ada empat penyebab utama terjadinya kekerasan terhadap anak. Pertama, penyebabnya ia katakan ada anak yang berpotensi menjadi korban. Kedua, ada anak atau orang dewasa yang berpotensi menjadi pelaku kekerasan. Ketiga, adanya peluang kekerasan terhadap pengawasan atau perlindungan. Penyabab keempat karena adanya pencetus dari korban dan pelaku. Contoh kekerasan pada anak, yaitu: Predator Anak di Jawa Timur dengan melakukan kekerasan seksual, Yuyun anak berumur 14 tahun diperkosa 14 laki-laki,  Angeline yang dibunuh oleh Ibu tirinya, dll.

2 pemikiran pada “Kekerasan Pada Anak

  1. sedih sekali ya banyak anak kecil yang tidak berdosa namun tlah mndapat prlakuan buruk dr orang dewasa, kbtulan saya juga menulis artikel tentang kekerasan pada anak, jika berkenan silahkan berkunjung ke blog saya 😊

    Suka

Tinggalkan komentar